Minggu, 09 Februari 2014

Partikel "と"「to」 & Partikel "の" 「no」

Partikel "と"「to」

*Bermakna "dan" jika digunakan untuk menghubungkan kata-kata benda yang setara. (KB to KB)
*Bermakna "bersama" jika setelah to merupakan kata kerja. (KB to KK)
 
Contoh:

学校の休みは土曜日と日曜日です。
*Gakkou no yasumi wa do youbi to nichi youbi desu.
libur sekolah pada hari sabtu & minggu

家族と晩御飯を食べます。
* Kazoku to ban gohan o tabemasu.
saya makan malam bersama keluarga

Partikel "の" 「no」

1. Berarti punya/ kepunyaan
 
Dalam bahasa Indonesia kalimat "kepunyaan" biasa ditulis Buku Saya,sama dengan Buku [punya] Saya.
Jika dalam bahasa jepang makan S & KB ditukar, Subject berada terlebih dahulu baru setelah itu KB yang menjadi Saya Buku , sama dengan Saya [punya] Buku.

Contoh :
IND : Pensil [punya] Saya
JPG : Saya [punya] Pensil = 私の鉛筆です。(Watashi no Enpitsu desu)

Jika dalam kalimat Bahasa Jepang, maka menuliskan "siapa yang punya" terlebih dahulu baru setelah no menulis "hal yang dipunyainya".

2. Menggabungkan 2 kata benda

"No" sebagai penggabung 2 kata benda,, KB sebelum No menjadi kata keterangan untuk KB setelahnya.
 
IND : Karyawan Toyota (Toyota sbg Keterangan)
JPG : Toyota karyawan = TOYOTA の社員です。(Toyota no Shain desu.) 

IND : Perusahaan Listrik ( listrik sbg keterangan)
JPG : Listrik Perusahaan = 電気の会社です。(Denki no Kaisha desu)

IND : Majalah Komputer (Komputer sebagai keterangan)
JPG : Komputer Majalah = コムぴゅタ の雑誌です。(Kompyuta no Zasshi desu.) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar