Sabtu, 18 Januari 2014

6 Metode dan Sikap Belajar untuk Melejitkan Kemampuan Bahasa Jepang #Part.2

 Image
 
 
3. Runut/berurut
Ini salah satu kunci penting jika anda benar-benar ingin menguasai bahasa Jepang yang tidak sekedar buat gaya-gayaan di status facebook atau medsos lainnya.
Runut atau berurutan dalam belajar, jangan sombong dengan kemampuan anda bisa berjam-jam belajar setiap harinya. Jangan juga terlalu berhasrat sehingga jadi tergesa-gesa ingin mengetahui yang lebih tinggi. Saat ini media belajar dapat dengan mudah diperoleh dari manapun terlebih dari internet, tapi sembarangan dalam mengambil materi justru jadi boomerang buat diri sendiri, bukannya anda benar-benar jadi bisa tapi malah putus asa.
Dulu saya sama sekali tidak pernah belajar bahasa Jepang dari Internet, saya 100% menggunakan materi dari Sensei. Mereka memberikan materi ke siswa-siswanya dengan berurutan, dari dasar kemudian naik dan naik lagi. Maka dari itu sekarang saya bisa simpulkan bahwa belajar dengan berurut adalah kunci yang sangat penting. Saya juga punya contoh beberapa teman yang saking antusiasnya belajar mereka membeli materi-materi lain dari luar yang tidak sesuai level belajarnya, awalnya begitu semangat, tapi ya paling bertahan beberapa hari, bulan berikutnya juga sudah lupa.
Poin ini lebih ke masalah psikologis dalam belajar. Bagaimana menjelaskan secara detil saya tidak tahu, tapi saya bisa menyimpulkan bahwa belajar secara berurutan adalah satu kunci penting dalam belajar bahasa Jepang, bukan, bukan bahasa Jepang saja, tapi seluruh ilmu.
4. Ada Sensei
Ini syarat mutlak bagi yang ingin benar-benar bisa Bahasa Jepang, sensei itu bisa sensei dari lembaga pendidikan, bisa orang Jepang langsung atau teman yang mahir berbahasa Jepang. Intinya sensei ini adalah orang yang mahir berbahasa Jepang, mau mengajari kita dan paham bagaimana metode belajarnya yang efektif.
Apa belajar otodidak tidak bisa?bisa, itu kalau anda Jenius.
5. Tidak malu berkomunikasi
Semakin hilang malu saat mencoba berbahasa Jepang maka akan semakin cepatlah anda pandai berbahasa Jepang. Bicara kemudian dengarkan, bicara kemudian dengarkan lagi. Dari berkomunikasi dengan orang yang sudah belajar bahasa Jepang anda juga bisa belajar hal lain selain melatih diri sendiri, anda jadi tahu “oh..cara jelasinnya seperti itu toh””oh kalau momen seperti ini ngomongnya seperti itu tho” dan sebagainya. Kembalikan lagi ke sikap pertama tadi, MENIRU!
6. Waktu khusus
Jangan dikira mereka yang jago bahasa Jepang dulunya begitu maniak belajar, malah sebagian besar terlihat tidak belajar,
tapi ada yang perlu digaris bawahi mereka masing-masing punya waktu khusus. Di mana mereka begitu hening, mencoba memahami pelajaran dengan tenang sampai benar-benar paham.
Waktu khusus itu biasanya tengah malam setelah tidur lebih dahulu, atau beberapa jam sebelum waktu subuh.
Kemudian di siang hari dijadikan waktu untuk memastikan lagi apa yang sudah dipahami, dengan cara yang ringan-ringan saja.
Nah, sekarang cobalah pahami baik-baik dan kemudian lakukanlah 6 metode dan sikap di atas tadi ya, jadikan kebiasaan rutin,
saya yakin akan ada perubahan signifikan dalam penguasaan bahasa Jepang anda semua..
 
 
Ganbatte ne..
 
Gagat
SAKURA JLC’s Sensei
 
See : 6 Metode dan Sikap Belajar untuk Melejitkan Kemampuan Bahasa Jepang #Part.1
 
 
Source
http://sukmonogagat.wordpress.com/2013/12/28/6-metode-dan-sikap-belajar-untuk-melejitkan-kemampuan-bahasa-jepang/ 
FB:
https://www.facebook.com/sakura.jlc 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar